Rabu, 31 Oktober 2012

Macam-macam Varian Jetbus dari Karoseri Adiputro


JETBUS MC : Biasanya kendaraan ini bermesin Isuzu Elf, Hino Dutro, Mitsubishi Canter, & Toyota Dyna. Untuk lampu belakang, model ini menggunakan lampu belakang Ford Ranger. Ada 2 type, short chassis & LWB (Long Wheel Base).

JETBUS MCT : Saya tidak begitu faham dengan body yang satu ini, karena kan baru muncul di event IIMS 2012. Medium bus yang satu ini ternyata sudah mengaplikasikan Air Suspension (Suspensi Udara).

JETBUS MD : Adalah body buatan Adiputro untuk segmen medium bus, biasanya varian ini berchassis Mitsubishi FE84G BC, Hyundai Mighty Bus, Hino FB dll...

SUPER JETBUS MD : Adalah versi penyempurnaan dari type Jetbus MD. Dengan menambahkan 4 titik sensor parkir pada bumper belakang, 2 buah stop lamp tambahan (bawah stop lamp utama) dan variasi 4 buah lubang muffler. Setelah saya teliti lagi adalah pada bagasi belakang yang telah diberi grill layaknya premium big bus / bus besar bermesin belakang.

JETBUS (non HD) : Awal kemunculan nama JETBUS, adalah karena varian ini. Model ini rilis setelah model New Marcopolo. Untuk membuat tampilan yang segar, karoseri Adiputro membuat model baru yang diberi nama "Jetbus"

JETBUS HD : Setelah varian Jetbus non HD sukses di pasaran. Lalu Adiputro membuat varian baru lagi, yaitu Jetbus HD. HD yang artinya High Deck, jadi bodi bis lebih tinggi dari pada non HD. Banyak chassis yang dapat diaplikasikan pada model ini, misalnya Mercerdes-benz OH1521, OH1525, OH1526, OH1626 dan Hino RK8

JETBUS HDSE : Secara umum tak ada yang beda antara Jetbus HD & Jetbus HDSE. Setelah kuteliti lagi, ternyata bedanya pada tampilan belakangnya. Adanya stop lamp tambahan dibawah stop lamp utama dan juga mufler knalpot ada 2 lubang

SUPER JETBUS : Varian ini adalah hasil penyempurnaan & penyegaran tampilan dari Jetbus HDSE. Adanya 5 titik sensor parkir pada body belakang bis. Dan lubang mufler bertambah menjadi 4 buah.

SP JETBUS HD : Armada PO. Gunung Harta yang satu ini memang mantap dari segi mesinnya, karena bis ini telah menggunakan mesin Golden Dragon seri terbaru yaitu dengan tenaga 330HP. Saya belum tau pasti tentang varian yang satu ini, apa mungkin SP itu maksudnya Spesial???

NEW JETBUS HD : Senjata baru milik PO Kerub Pariwisata telah selesai diberi body oleh Karoseri Adiputro. Dengan memberi penamaan yang sedikit berbeda yaitu NEW JETBUS HD. Yang paling spesial dari armada ini adalah dari chassisnya. Bis ini menggunakan chassis Mercedes-Benz OH1836 Euro3. Pada eksterior, bis ini juga memiliki sudut-sudut yang agak berbeda dengan produk Adiputro pada umumnya, yakni pada bumper depan yang dibuat lebih modern, stop lamp menggunakan lampu Travego serta bumper belakang dan 4 buah muffler.

JETBUS + : Ada yang baru dari PO. Zentrum. Di akhir-akhir tahun 2012 Zentrum telah melahirkan armada barunya, tentu saja buatan Karoseri Adi Putro. Namun ada yang beda dari biasanya, kali ini dengan nama JETBUS +. Varian ini diciptakan untuk PO Zentrum dengan 2 warna livery, ada biru dan pink. Tapi tetap dengan motif livery yang sama.

ZE JETBUS MATIC : Pertengahan bulan April 2013, PO. Zentrum menambah jajaran armada pariwisata. Kali ini bus berslogan "Matic Bus". Bus ini menggunakan mesin Mercedes Benz OH1526 Euro 3 dengan Transmisi Otomatis. Bus ini juga dilengkapi dengan Suspensi Udara yang memanjakan penumpangnya.

EROBUS FD : Gebrakan baru dari PO. Efisiensi untuk mempersiapkan tahun baru 2013. PO. Efisiensi telah mempersiapkan bus yang berbaju rakitan karoseri adiputro. Tapi sudah tidak menggunakan nama "Jetbus HD" lagi. Melainkan "Erobus FD". Yang spesial dari armada ini adalah 2 mufler kanan dan kiri dengan tulisan "Efisiensi Erobus FD".

JETBUS STAR HD : Ada yang baru dari PO. Nusa Bhakti Trans. Dengan memperkuat jajaran armadanya, Nusa Bhakti telah mempersiapkan senjata andalan, yakni Jetbus Star HD. Bis ini bermesin Mercedes-Benz OH1526. Dan istimewahnya bis ini sudah dilengkapi dengan Air Suspension (Suspensi Udara) yang tentunya membuat penumpang semakin nyaman.

JETBUS HD (OBL Custom Version) : Setelah Jetbus HD dengan chassis Mercedes-Benz OH1830 selesai, kemudian OBL (Safari Dharma Raya) menambah armada spesialnya. Yaitu Jetbus HD dengan sedikit custom dibagian body belakang tepatnya pada stop lamp yang menggunakan lampu ala Travego. Bis ini dikenal dengan nama "Kinchai Moccacino" karena bus ini menggunakan chassis King Long dan engine dari Yuchai. Juga disebut Moccacino mungkin karena warnanya coklat.

Cukup sekian dulu berbicara tetang JETBUS, semoga informasi ini bermanfaat bagi yang bingung akan varian jetbus yang semakin banyak... hehehe (^_^)
Semoga Karoseri Adiputro tetap jaya... dan terus menciptakan body barunya....

Sumber Foto : Dikutip dari berbagai sumber dan hasil karya sendiri...

38 komentar:

  1. nice articel
    lanjutkan hunting busnya nak....
    salam super jetbussssssssss

    BalasHapus
  2. asik mas
    salam jetbusssss
    hehehehe

    BalasHapus
  3. ok... terima kasih semuanya...

    BalasHapus
  4. Maaf, sebenarnya untuk Jetbus HDSE, SUPER JETBUS HD, Jetbus +, Erobus FD, dan yang lain itu hanya custom saja dari pelanggannya, bukan official dari AdiPutro.

    yang official dari AdiPutro hanya Royal Coach SE dan Royal Coach E

    BalasHapus
  5. untuk EROBUS FD, FD adalah singkatan dari Fredi anak dari sang owner

    BalasHapus
  6. kirim alamat dong pak ke Riduan isuzu armada auto tara 08561185306/ pin bb 2a60c832

    BalasHapus
  7. kalo bisa sekalian price list nya bos, RIDUAN dari isuzu, siapa tahu ada customer ada yang butuh unit isuzu NKR 71 / NQR 71 untuk medium bus KAROSERInya ADI PUTRO

    BalasHapus
  8. Hahaha sebenarnya SP JETBUS HD, JETBUS STAR HD, EROBUS FD, Jetbus +, NEW JETBUS HD, SUPER JETBUS, JETBUS HDSE itu hanya custom namanya aja..cuma mainan sticker karena pemilik bis pingin jetbusnya beda dengan jetbus lainnya.. setau saya perubahan jetbus secara eksterior cuma di kaca belakang, fog lamp, stop lamp belakang.. hehehe

    BalasHapus
  9. Nice info...

    By the way, saya izin sedot teks (untuk gambar tidak saya ambil) untuk blog saya, yak...
    Saya bakal kasih sumbernya kok...

    Thanks sebelumnya...

    BalasHapus
  10. Kami ada rencana mau ambil bus untuk usaha tour kami mohon informasi mengenai
    harga chassis bus mercy berp dan harga karoseri jetbus berapa
    terimakasih banyak sblmnya.

    Kami selama ini menjual paket wisata murah melalui
    blog kami seratour.com namun masih menggunakan unit bus dr org lain
    dan kami ingin segera memiliki unit sendri
    mohon dibantu informasinya

    BalasHapus
  11. Tambah siiiipppp ae rus....

    BalasHapus
  12. Bus Subur Jaya yang plat K 1677 EM warna putih, tgl 6 Juni 2013 terbakar di bagian bawah mesin di situbondo jawatimur, saya termasuk korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Dipadamkan MAs,, dibantu warga.
      kejadian sekitar pukul 02.30, setelah nyebrangan dari gilimanuk

      Hapus
  13. oh ya mas, just info aja. new jetbus HD nya kerub udah d pake parwis, dgn plat nomor F 7926 AA. terakhir posisi di toko oval di cibaduyut, bandung, jumat sore jam 4 msk parkiran toko

    BalasHapus
  14. kalo saya bedain jenis bus lewat bentuk jendelanya

    BalasHapus
  15. matur nuwun buat informasinya mas bero :)

    BalasHapus
  16. Thank's for the information...It helped me about how to choose cozy bus, especially for Indonesian who doesn't know about it yet. Once again, thank's!

    BalasHapus
  17. adiputro emang karoseri pualliiiing joasssssssssssssssssss....

    BalasHapus
  18. terima kasih atas infonya
    adiputro, majuuuuuu teruuuuuuuuuuuusssssssssssssssssssss....................

    BalasHapus
  19. wow bagus bangettttttt,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  20. Kalo boleh tanya?? Kepanjangan dari MD itu apa ya? contohnya kayak JB2MD..
    Trima kasih

    BalasHapus
  21. knp oh 1525 karoseri jetbus 2hd kok limbung y seperti kapal kena gelombang

    BalasHapus
  22. Kalau bisa ditambah dengan jetbus hd 2+, jetbus shd 2+, dan jetbus sdd 2++, Terima kasih!

    BalasHapus