Selasa, 30 Oktober 2012

Catatan Perjalanan bersama Akas Asri New Marcopolo MB OH1521






         Minggu tanggal 24-04-2011, pagi-pagi aku berangkat kesekolah, sampai disekolah sudah ada 4 bis Akas Asri New Marcopolo Adiputro, saat itu bagasi sudah terbuka luas untuk tas dan barang-barang, setelah aku menaruh tas kedalam bagasi Si Akas, lalu aku dan teman2 berkumpul sebentar di lapangan sekolah untuk mendapat pengarahan dari Bapak Kepala sekolah.

         Setelah mendapat pengarahan dari Bapak Kepala Sekolah... Sebanyak 164 siswa-siswi masuk kedalam keempat Akas yang sudah berjajar rapi di depan sekolah. Dan saya pun masuk ke dalam Interior Akas Asri N-7458-UR yang dibawa oleh Mr. Suprianto. 


Jam 06:30 dapur pacu mulai diaktifkan untuk mendinginkan interior Akas dengan Thermo King yang tertanam diatas bis. Jam 06:50 mulai berangkat, sampai di jalan raya, ku kira belok kanan yang menuju pintu tol Bunder, tapi ternyata belok ke kiri untuk masuk tol Surabaya-Gresik melalui pintu tol Romokalisari, dalam sepanjang tol Surabaya-Gresik bis A, B, C, dan D berjalan urut menjaga gas tetap stabil.



Tak terasa, jam menunjukan pukul 08:08, kulihat keluar ternyata sampai tanggul lumpur lapindo, Thermo Kingnya cukup mampu mendinginkan ruang interior dengan udara diluar bis sangat panas, dan sepanjang jalan Raya Porong sedikit ada kemacetan, tak berapa lama keempat Akas Asri pun membelokan badanya ke kiri, dan berjalan lurus melewati kota Pasuruan, alun2 kota Bangil, Setelah lama berjalan, Keempat Akas Asri masuk ke pom bensin untuk mengisi asupan tenaga keempat Bis, dan istirahat sejenak,...




Di pom bensin itu terlihat 7 buah bis yang juga Akas Asri. Setelah istirahat, keempat bis melanjutkan perjalanan menuju pulau Bali, sepanjang perjalanan setelah beristirahat, bis D memulai permainan ngeblong bis yang aku naiki yaitu bis C, keempat bis ini berjalan ngejos, mungkin karena drivernya melihat kebanyakan teman2 sudah tertidur pulas, tetapi aku tidak tidur yang ingin melihat kegilaan Akas Asri bersama teman-temanya, beberapa truk bermuatan berat pun dilibas 3 sekaligus. "Ini yang aku tunggu...." dalam hati pun berkata. Disela-sela perjalan yang cepat itu, munculah rombongan motor Harley Davidson yang dikawal oleh mobil polisi, tiba-tiba mobil itu mengambil jalur berlawanan untuk mendahului rombonganya, disaat bersamaan Akas Asri bis C yang aku naiki muncul, tapi mobil itu tidak kembali ke jalurnya, dan akhirnya Mr.Suprianto menginjak rem keras2, Ccceeeesssssst......, serentak orang seisi bis C pun terbangun dari tidurnya, jam menunjukan pukul 11:54 keempat bis rombongan melewati PLTA Paiton, setelah itu rombongan Akas Asri masuk kedalam pom bensin untuk istirahat dan makan siang yang telah disiapkan dari pihak travel, serta shalat dhuhur, di pom bensin itu sudah ada 1 buah Kramat Djati New Marcopolo yang terparkir tanpa driver,


Setelah makan siang dan shalat dhuhur, aku melihat-lihat keempat jagoanku yang terparkir di depan rumah makan pom bensin, dan kusempatkan memotret wajah-wajah cantik dari New Marcopolo, ternyata di pintu depan bis D ada sesosok sticker logo BIS MANIA COMMUNITY ,
 

Setelah semua selesai makan dan istirahat, perjalanan kembali dilanjutkan. waktu menunjukan pukul 15:41 ternyata sudah masuk Kota Banyuwangi, meskipun perjalan agak jauh tapi tidak ada teman yang merasa tidak enak badan, karena adanya alat yang menghasilkan aroma yang wangi pada depan dan belangkan bis, tidak terasa keempat Akas Asri mulai memasuki kawasan pelabuhan ketapang, ketika aku melihat jam menunjukan pukul 16.55, untungnya tidak ada antrian sama sekali di pelabuhan ketapang itu, jadi keempat bis rombongan ku ini langsung ngejos masuk kedalam dek kapal, semua orang seisi bis pun langsung turun dari bis, dan naik ke atas kapal, ketika itu aku agak takut, maklum saja baru pertama kalinya aku naik kapal. waktu menunjukan pukul 17.30 tak terasa kapal mulai bersandar di pelabuhan gilimanuk. Semua teman-teman masuk kembali kedalam bis masing-masing, satu persatu mesin bis pun dinyalakan dan perlahan keluar dari deck kapal, perjalanan menuju rumah makan untuk makan malam pun dilanjutkan, kulihat keluar jendela sepanjang perjalanan dari pelabuhan gilimanuk ke rumah makan hanyalah hutan-hutan gelap. Sesampai di rumah makan, banyak kulihat cahaya biru yang indah, cahaya itu berasal dari lampu-lampu depan New Marcopolo yang juga menunggu penumpang makan malam. Selepas makan malam, perjalanan dilanjutkan menuju hotel, selama perjalanan aku dan teman-teman memejamkan mata,..zzzz. Waktu menunjukan pukul 22.30, rombongan Akas Asri telah sampai di Hotel Puri Nusa Indah.

Senin tgl 25-4-2011
Pagi-pagi aku bangun, dan bergegas mandi. setelah makan, aku langsung menuju ke bis C dan kusempatkan memotret bagian-bagian interior nan mewah, tak berapa lama mesin bis mulai berputar. 





Perjalan menuju ke pusat oleh-oleh, dalam perjalanan itu kulihat 3 ekor Gajah OBL Pariwisata sedang menunggu lampu merah. Setelah ke pusat oleh-oleh, perjalanan dilanjutkan menuju Tari Barong, sesampai disana sudah terlihat banyak bis, dan juga terlihat 3 Gajah OBL, 3 Gunung Harta New Marcopolo, dan beberapa bis pariwisata lainya. Perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Sukowati, disana sudah ada Nusantara Symphonie, dan kusempatkan berfoto dengannya,...


Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju museum kartun bali untuk makan siang, disana sudah ada 2 buah Blue Star New Travego. Setelah semua selesai makan siang, perjalanan kembali dilanjutkan menuju ke Tanjung Benoa, di tempat parkir Tanjung Benoa terlihat bersih tidak ada bis sama sekali, setelah keempat Akas rombonganku masuk dan menata badan di parkiran, datanglah 2 Blue Star yang bertemu tadi di museum kartun. Waktu menunjukan pukul 15:02, keempat bis berangkat menuju ke objek wisata selanjutnya yaitu GWK, disana banyak juga terlihat bis pariwisata, yang salah satu rombongan menggunakan 2 Selamet Evobus hitam. Dan GWK adalah objek terakhir pada hari senin itu, perjalanan dilanjutkan kembali menuju hotel untuk beristirahat dan makan malam, ditengah perjalanan terjadi kemacetan dekat bandara Ngurahrai, terlihat pula bis milik taman safari yang liverynya bisnya dililit ular, tapi sayang aku tak bisa mengabadikan karena hari mulai gelap.

Selasa 26-4-2011
Objek pertama adalah SMAN 4 Denpasar, menurutku jalan disana adalah jalan yang cukup sulit untuk dimasuki oleh keempat Akas ini, tapi dengan driver yang handal, meskipun roda belakang bis sampai naik-naik trotoar jalan, hal itu tak membuat masalah oleh Pak Suprianto sang driver Bis C, ternyata keempat bis ini diparkir di kantor Telkom. Objek selanjutnya adalah pantai sanur, disana bis diparkir cukup jauh dari pantai, tepatnya diparkir di depan Hotel Grand Bali Beach, disana juga lumayan banyak bis pariwisata yang terparkir berjajar di pinggir jalan. Sebelum menuju pantai kuta, rombongan ku menuju Cahayu yaitu tempat oleh-oleh dan sekaligus makan siang. Ternyata untuk menuju pantai kuta, semua orang dalam keempat bis Akas Asri ini harus pindah kendaraan / oper ke Isuzu Elf Mikrobus untuk dapat melewati jalan kuta yang cukup kecil dan ramai pula. Keempat Akas Asri ini diparkir di pusat oleh-oleh khas Bali. Pantai kuta adalah objek terakhir pada selasa itu, setelah itu kembali ke hotel untuk istirahat dan juga packing barang, karena besok pagi sudah check out dari hotel.

Rabu 27-4-2011
Perjalanan pertama adalah pabrik coca cola, disana keempat armada Akas Asri diparkir di parkiran truk,



setelah itu rombonganku menuju joger yang membutuhkan waktu 20 menit perjalanan, sesampai di Joger waktu menunjukan pukul 09:40, disana banyak sekali bis pariwisata, diantaranya: Subur Jaya New Marcopolo HD, Desiana New Travego, Subur Jaya Legacy, dan banyak lagi. Perjalanan ke Bedugul, sepanjang jalan disana, banyak sekali tikungan-tikungan ekstrim serta tanjakan dan turunan yang curam, sesekali roda belakang Si Akas turun dari badan jalan, dan pada saat itu ada tanjakan yang sangat curam, ketika Si Akas mulai mendaki tiba-tiba ggrrrraaaakk.....bokong / bumper belakang Si Akas yang aku naiki menyentuh permukaan aspal. Sesampai di danau Bedugul, semua teman-teman rombongan makan siang, udara di sana sangat dingin, dan aku langsung kembali ke parkiran untuk melihat-lihat bis-bis yang berjajar di parkiran.

Objek terakhir dalam tour ke Bali ini adalah Tanah lot, disana aku dan teman-teman langsung turun dari bis dan melihat-lihat indahnya pantai Tanah lot ini, tetapi tak seindah tempat parkirnya. Di tempat parkir tanah lot ada Esa Jaya New Marcopolo High Deck, Akas Green, Pahala Kencana, Desiana, dan masih banyak lainya, setelah hunting dan melihat-lihat,....

Nih Tiara Mas New Marcopolo HD Hino RK8....

Akas Asri bis 2 & 4, Tiara Mas & Esa Jaya New Marcopolo HD....

Akas Green Genesia New Armada...

Pahala Kencana New Marcopolo HD Hino RK8, sayangnya aku pulang dia datang...

Akhirnya rombonganku melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan gilimanuk. Sekitar pukul 20.00 Si Akas sampai di deck kapal dan diikuti oleh 2 Restu Mulya Evobus dan New Marcopolo, yang paling belakang adalah Mitsubishi Ragasa dan Isuzu Elf. Pada pukul 22:30 kami makan malam di Banyuwangi, setelah makan malam, aku dan teman-teman melihat-lihat jalan raya tidak lama kemudian 3 buah Gunung Harta New Marcopolo lewat dengan putaran tinggi. Rombongan Akas Asri melanjutkan perjalanan menuju kota tercinta yaitu Gresik. Aku pun tertidur karena enaknya Akas Asri. Ku lihat jam 02.00, ternyata berhenti di situbondo untuk oleh-oleh tape, setelah itu aku kembali tidur. Aku terbangun karena Thermo Kingnya mati, kulihat jam menunjukan pukul 04:33, kulihat keluar terlihat pak Suprianto bersama sang kernet melihat-lihat dapur pacu, ternyata Si Akas yang aku naiki mogok di Pasuruan. Dan harus menggunakan bis pengganti, setelah Akas Asri pengganti terlihat, headlampnya mirip Scorpion King, aku dan teman-teman memasuki bis pengganti, meskipun tidak ada toilet dan seatnya 3-2, tapi dinginnya gak main-main. 



Tak berapa lama, musik dangdut koplo pun muncul dari salon atas. Sang driver selalu memacu Si Akas dalam putaran tinggi, dan berhasil melibas bis A dan B, suasana panas terlihat pada keempat rombongan Akas Asri ini. Waktu menunjukan pukul 07.49, keempat kawanan ini sampai di tol Surabaya-Gresik, kukira belok yang keluar Romokalisari, ternyata bablas lurus sampai tol Kebomas. Ketika melewati tol kebomas yang seperti lintasan Drag Race itu, bis A dan B berjalan pelan di jalur kanan, ketika itu Si Akas yang aku naiki ngeblong kiri ternyata di jalur kiri ada perbaikan jalan banyak lubang-lubang sebesar mobil. Ccciiiiiiiciitss.........Semua orang dalam bis itu kaget, sang driver membanting kemudinya ke kiri sehingga badan bis menabrak rerumputan yang tinggi & hampir terbalik ke kiri, kulihat wajah sang driver dari spion kabin, eh malah tersenyum-senyum. Pukul 08.15, keempat bis sampai di depan sekolah dengan selamat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar